Selasa, 23 April 2019

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Pemasaran

MAKALAH
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN


TENTANG
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
KOMUNIKASI PEMASARAN





ITSNA SHALIHAH
NIM : 1610200018

JURUSAN MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE)
DAHANI DAHANAI
BUNTOK 2019




 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, atas segala rahmat dan karunia-Nya yang memberikan kesehatan dan hikmat kepada penulis sehingga dapat menyelsaikan Makalah dengan judul “Faktor – faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Pemasaran ”.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya Penulis ucapkan kepada Dosen serta Teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan berupa moril maupun materil, sehingga makalah ini terselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan. Penulis menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangannya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian kepada Dosen serta Teman-teman sekalian.
Besar harapan Penulis jika ada kritik dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah ini dilain waktu. Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini, semoga apa yang Penulis susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi makalah ini sebagai tambahan dalam menambah referensi yang telah ada.




Buntok,      April 2019



Penulis





 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Komunikasi adalah instrumen dasar dari interaksi manusia yang memungkinkan seseorang untuk melakukan kontak dengan orang lain karena komunikasi dilakukan oleh seseorang setiap hari baik disadari maupun tidak. Secara umum tidak ada kehidupan manusia tanpa komunikasi. Sebagai makhluk sosial manusia pasti membutuhkan hubungan dengan orang lain. setiap individu selalu berkeinginan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan sebaliknya individu tersebut juga berkeinginan menerima informasi dari orang lain. keseharusan yang timbul dari manusia untuk bekerja sama dengan orang lain agar dapat mencapai tujuan yang dikendaki.
Komunikasi pemasaran merupakan proses komunikasi yang dilakukan dalam konteks aktivitas pemasaran seperti jual beli produk oleh produsen kepada konsumen melalui pesan yang disampaikan berupa persuasi/membujuk sehingga mampu menarik minat konsumen untuk membeli. Komunikasi pemasaran memberikan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan, dalam hal ini adalah penjual dan pembeli. Agar komunikasi pemasaran dapat berjalan efektif untuk mencapai tujuannya, maka komunikasi pemasaran harus dijalankan. Komunikasi pemsaran adalah proses penyebaran informasi perusahaan dan apa yang hendak ditawarkan (Offering) pada pasar sasaran. Perannya sangat vital mengingat peran komunikasi dalam memfasilitasi hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan pembeli yang prospektif.
Bauran kamunikasi pemasaran (Marketing communication mix / promotion mix) merupakan ramuan sekaligus penerapan lima alat promosi utama perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Setiap brand contact membewa kesan yang bisa memperkuat atau justru memperlemah citra perusahaan dimata konsumen. Oleh karena itu,  pemasar harus memadukan keseluruhan bauran pemasaran agar dapat efektif mengkomunikasikan pesan dan positioning strategis yang konsisten pada konsumen.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kata kunci utama menuju kesuksesan adalah berhasil tidaknya dalam menarik perhatian calon konsumen dan mempertimbahkan faktor-faktor apa saja yang dapat memperngaruhi komunikasi pemasaranagar bisa memiliki nilai serta kepuasan ketika memutuskan untuk membeli suatu produk dan meneruskan untuk melakukan pembelian kedepannya sehingga komunikasi pemasaran sangatlah penting dalam sebuah bisnis.

1.2.       Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari komunikasi ?
2.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi komunikasi ?
3.      Apa pengertian dari komunikasi pemasaran ?
4.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi komunikasi pemasaran?
5.      Apa tujuan dari komunikasi pemasaran ?
6.      Bagaimana fungsi dari komunikasi pemasaran ?
7.      Apa saja yang ada dalam sasaran komunikasi pemasaran ?
8.      Unsur – unsur apa saja yang terdapat didalam proses komunikasi pemasaran?
9.      Apa saja yang menjadi media komunikasi pemasaran ?

1.3.       Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari komunikasi.
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi.
3.      Untuk mengetahui pengertian komunikasi pemasaran.
4.      Unruk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi pemasaran.
5.      Untuk mengetahui tujuan dari komunikasi pemasaran.
6.      Untuk mengetahui fungsi dari komunikasi pemasaran.
7.      Untuk mengetahui sasaran dalam komunikasi pemasaran.
8.      Untuk mengetahui unsur – unsur yang ada didalam komunikasi pemasaran.
9.      Untuk mengetahui media yang terdapat dalam komunikasi pemasaran.

1.4.       Manfaat Penulisan
1.      Sebagai bahan studi dan tambahan ilmu pengetahuan bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai Buntok.
2.     Sebagai masukan bagi kalangan akademis untuk memahami seperti apa investasi emas itu.
3.   Untuk memperkaya wawasan ilmu ilmiah dalam disiplin ilmu yang penulis tekuni serta mengaplikasikannya secara kontekstual dan tekstual.
4.   Menambah pengalaman dan pengetahuan bagi saya sendiri maupun bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai Buntok.


















BAB II
PEMBAHASAN

2.1.    Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan organisasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Adapun pengertian komunikasi menurut para ahli, yaitu :
1.             Menurut Carl I. Hovland komunikasi merupakan proses yang mungkin dilakukan oleh pembawa informasi dengan tujuan memberikan rangsangan kepada orang lain untuk mengubah perilakunya.
2.             Menurut Aristoles komunikasi adalah alat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam roses demokrasi.
3.             Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia komunikasi adalah perpindahan informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4.             Menurut Everett M. Rogers komunikasi adalah penyaluran ide atau maksud dari sumber satu ke sumber yang lain dengan tujuan mengubah tingkah laku penerima ide.

2.2.    Faktor – faktor yang Mempengaruhi Komunikasi
2.2.1.   Manusia
Manusia baik sebagai komunikator maupun komunikan dapat mempengaruhi proses komunikasi. Berikut ini merupakan faktor manusia yang dapat mempengaruhi komunikasi, yaitu :
1.        Tingkat Pengetahuan
Pengetahuan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengirimkan pesan, misalnya untuk memilih kata – kata, mrnrntukan saat pesan harus disampaikan serta mengembangkan berbagai teknik komunikasi verbalmaupun nonverbal. 
2.        Perkembangan
Perkembangan manusia mempengaruhi bentuk komunikasi dalam dua aspek yaitu tingkat perkembangan tubuh mempengaruhi kemampuan untuk menggunakan teknik komunikasi tertentu dan untuk mempersepsikan pesan yang disampaikan.
3.        Sosiokultural
Posisi individu secara sosiokultural mempengaruhi perilaku komunikasi antar individu karena status sosiokultural membentuk tata cara komunikasi.
4.        Jenis Kelamin
Laki-laki dan perempuan menunjukkan gaya komunikasi yang berbeda dan memiliki interpretasi yang berbeda terhadap suatu percakapan.
5.        Peran dan Tanggungjawab
Peran dan tanggungjawab mempengaruhi komunikasi yang dilakukan individu baik teknik maupun isi komunikasi. \
6.        Atensi
Atensi mempengaruhi kemampuan individu saat berinteraksi. Atensi terhadap suatu hal dapat menyebabkan kemampuan fungsi indra menurun dan bahkan berkurang sehingga kadang kala seseorang yang sedang asyik bekerja tidak menyahut penggilan rekan kerjanya.
7.        Sikap
Sikap individu dalam komunikasi dapat menghambat proses komunikasi itu sendiri. Sikap yang hangat, bersahabat, ramah dan terbuka akan memungkinkan proses komunikasi yang terbuka dipertahankan.
8.        Persepsi
Persepsi individu ketika berada didalam suatu proses komunikasi dapat mempengaruhi, menghambat atau bahkan memutus komunikasi yang sedang dilakukan.
9.        Hubungan
Hubungan yang erat antar individu pada suatu proses komunikasi dapat mempengaruhi teknik komunikasi dan materi komunikasi. Pada komunikasi yang dilakukan antara dua orang yang belum kenal, umumnya setting komunikasi terjadi pada situasi formal.

2.2.2.   Pesan
1.    Isi Pesan
       Isi pesan yang ingin disampaikan dapat mempengaruhi teknik komunikasi yang digunakan individu. Isi pesan yang menggembirakan biasanya disampaikan dengan wajah berseri dan suara lantang.isi pesan yang bersifat informasi di sampaikan dengan suara yang relatif datar dan pelan, sedangkan isi pesan yang bersifat rahasia disampikan dengan berbisik atau mengguankan secarik kertas kecil atau dengan bahasa isyarat. Isi pesan mempengaruhi perilaku penyampaian pesan dan perlu tidaknya pesan yang disampiakn di beri umpan balik.
2.        Penyampaian pesan
Proses penyampaian pesan mempengaruhi komunikasi karena beberapa pengguna pola penyampaian pesan yang kurang tepat mengakibatkan distorsi dan bahkan tidak terjadi kontinuitas.

2.2.3.   Lingkungan
1.    Stimulus Eksternal
       Misalnya suara bising, gaduh atau perhatian yang tiba-tiba teralih, dapat menyebabkan penurunan kemampuan untuk menangkap pesan atau konsentrasi untuk mencerna pesan yang disampaikan.
2.    Nilai dan Budaya / Adat
Berbagai nilai dan budaya dalam masyarakat menjadi rambu – rambu bagi penyelenggaraan komunikasi. Budaya mengatur bahasa yang digunakan sebagai salah satu alat komunikasi sekaligus mengatur pengguna teknik nonformal dalam komunikasi. Misalnya membungkukan badan sebelum berbicara kepada orang jepang menunjukkan rasa hormat.

2.3.       Pengertian Komunikasi Pemasaran
Komunikasi merupakan sebuah proses sosial yang terjadi antara paling sedikit dua orang dimana seseorang mengirimkan sejumlah simbol tertentu kepada orang lain (Kennedy dan Soemanagara, 2006 : 4).
Sedangkan menurut Kotler (2004 : 5) pemasaran adalah proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan laba.
Dari kedua definisi di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen atau pelanggan dengan menggunakan sejumlah media dan berbagai saluran yang dapat dipergunakan dengan harapan terjadinya tiga tahap perubahan, yaitu perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan perubahan tindakan yang dikehendaki.
Menurut Fandy Tjiptono (2002 : 219) komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan kemudian mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya, agar bersedia menerima, membeli dan setia pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Dari pengertian di atas inti dari komunikasi pemasaran adalah menciptakan pesan yang disampikan komunikator dan diterima dengan baik oleh penerima. 

2.4.       Faktor – faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Pemasaran
Setiap perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa faktor dalam mengembangkan bauran promosinya.
Walaupun iklan lebih sedikit digunakan daripada kunjungan penjualan dalam pasar bisnis, cara tersebut masih memegang peran penting, yaitu :
1.             Iklan dapat menjadi sarana perkenalan tentang perusahaan tersebut dan produknya.
2.             Jika produk tersebut memiliki ciri baru, iklan dapat menjelaskannya.
3.         Iklan yang menawarkan brosur dan mencantumkan nomor telepon perusahaan tersebut adalah cara yang efektif untuk menghasilkan petunjuk bagi perwakilan penjualan.
4.          Perwakilan penjualan dapat menggunakan lembaran lepas iklan perusahaan tersebut untuk melegitimsasikan perusahaan dan produknya.
5.             Iklan dapat mengingatkan pelanggan bagaimana cara menggunakan produk tersebut dan memastikan mereka tentang pembelian mereka kembali.
Penjualan perusahaan konsumen yang terlatih dengan efektif dapat memberikan empat sumbangan penting, yaitu :
1.             Posisi persediaan yang meningkat, perwakilan penjualan dapat membujuk penyalur mengambil lebih banyak persediaan dan menyediakan ruang rak yang lebih banyak untuk merek perusahaan tersebut.
2.             Pembangunan antusiasme, perwakilan penjualan dapat membangun antusiasme penyalur dengan mendramatisir iklan yang telah direncanakan dan dukungan promosi penjualan.
3.             Penjualan missioner, perwakilan penjualan dapat menandatangani perjanjian dengan lebih banyak penyalur.
4.             Manajemen pelanggan utama, perwakilan penjualan dapat memikul tanggung jawab untuk menumbuhkan bisnis dengan pelanggan terpenting.

2.4.1.      Ketersediaan Anggaran
Bagi sebagian besar perusahaan, ketersediaan anggaran untuk memasarkan produk dapat mementukan bauran komunikasi pemasaran yang digunakan. Hal ini disebabkan anggaran mempengaruhi jangkauan promosi (jumlah orang yang terpapar pesan) dan frekuensi (seberapa sering orang yang terpapar oleh pesan).

2.4.2.      Siklus Hidup Produk
Siklus hidup produk juga dapat mempengaruhi jenis dan jumlah promosi yang digunakan. Konsumen dan bisnis tidak akan membeli produk jika mereka tidak mengetahuinya. Diperlukan lebih banyak komunikasi pada awal siklus hidup produk untuk membangun kesadaran. Disinilah letak pentingnya peran komunikasi pemasaran dan fungsi strategi komunikasi pemasaran. Ada empat tahap siklus hidup produk, yaitu :
1.             Tahap Pembentukan Produk
Sebuah produk mulai direncanakan mulai dari sebuah ide. Kemudian produk mulai dibuat dan diciptakan dalam bentuk nyata.
2.             Tahap Perkenalan Produk
Perkenalan produk dengan cara memulai melakukan pemasaran ke target pasar yang dituju. Misalnya Iklan dan pemberitaan memiliki tingkat efektivitas biaya tertinggi, disusul penjualan pribadi untuk memperoleh jangkauan distribusi dan promosi, penjualan untuk mendorong konsumen untuk mencobanya.
3.             Tahap Pertumbuhan Produk
Dalam tahap ini terjadi peningkatan penjualan. Umumnya dalam tahap ini terdapat kompetitor yang mulai memasuki pasar. Misalnya permintaan mempunyai momentumnya sendiri melalui cerita dari mulut ke mulut.
4.             Tahap Kematangan Produk
Produk yang berhasil sukses diterima oleh pasaran , akan bertahan dalam fase ini. Namun, seorang manajer produk harus melakukan inovasi untuk mempertahankan penjualan dan eksistensi produk. Secara berturut – turut promosi penjualan, iklan dan penjualan pribadi semuanya semakin berperan sangat penting.
5.             Tahap Kemunduran Produk
Dalam tahap ini terjadi penurunan angka penjualan. Hal ini dapat disebabkan oleh produk yang kalah bersaing dengan kompetitor. Promosi penjualan tetap berperan kuat, alat – alat komunikasi berkurang dan wiraniaga hanya  memberikan sedikit perhatian pada produk tersebut.

2.4.3.      Jenis Produk atau Jasa
Sebelum menentukan bauran komunikasi pemasaran, pemasar atau manajer pemasaran perlu mempertimbangkan jenis produk atas jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Produk yang bernilai mahal tentu membutuhkan strategi strategi komunikasi pemasaran yang tidak murah guna membentuk citra ekslusif dimata konsumen.

2.4.4.      Keputusan Pembelian Oleh Konsumen
Konsumen perorangan lebih sering membuat keputusan bila dibandingkan dengan konsumen organisasi. Konsumen organisasi dibuat oleh banyak orang dalam pusat pembelian. Dalam artian, interaksi setiap individu juga harus menjadi bahan pertimbangan. Sebagai tambahan, pengguanaan berbagai macam media serta strategi pesan yang tepat yang sangat diperlukan mengingat beragamnya jumlah kebutuhan individu yang harus dijangkau dan dipengaruhi oleh pasar. Hal – hal tersebut merupakan pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian.

2.4.5.      Karakteristik Khalayak Sasaran
Untuk memilih metode terbaik guna mencapai khalayak sasaran yang berbeda, organisasi perlu mengetahui jenis media yang digunakan oleh masing-masing khalayak sasaran, seberapa penting mereka melakukan pembelian, dimana mereka melakukan pembelian dan apakah mereka memiliki kesiapan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Metode yang dipilih oleh pemasar atau manajer pemasaran didasarkan atas karakteristik khalayak sasaran seperti usia, jenis kelamin dan gaya hidup.

2.4.6.      Kesipan Konsumen Untuk Membeli Produk
Beberapa orang adalah pengadopsi awal dan ingin mencoba hal baru segera setelah bersedia dan kelompok lain menunggu sampai produk dipasarkan untuk sementara waktu. Beberapa konsumen mungkin tidak memiliki uang untuk membeli produk yang berbeda, meski mereka membutuhkan produk tersebut nantinya.

2.4.7.      Preferensi Media
Konsumen yang berbeda akan memilih media yang berbeda pula. Dalam istilah pasar, khalayak sasaran seperti generasi milenial lebih menyukai media online, telepon seluler, pemasaran secara bergerak dan media sosial bila dibandingkan dengan konsumen yang lebih tua. Preferensi media telah diteliti secara akademis atau oleh perusahaan peneliti pemasaran dan perusahaan untuk mengetahui bagaimana konsumen ingin dijangkau. Dengan kata lain, media komunikasi apa yang efektif untuk menjangkau khalayak sasaran berdasarkan preferensi media khalayak sasaran.

2.4.8.      Regulasi
Regulasi dapat mempengaruhi jenis promosi yang digunakan. Misalnya, hukum di Indonesia membatasi penayangan iklan rokok ditelevisi selama prime time. Hal ini untuk mencegah anak – anak dibawah umur untuk mengkonsumsi rokok. Regulasi semacam ini perlu mendapat perhatian pemasar atau manajer pemasaran dan dijadikan sebagai dasar dalam menentukan bauran komunikasi pemasaran.

2.4.9.      Kompetitor
Dalam menentukan bauran komunikasi pemasaran, seorang pemasar atau menajer pemasaran hendaknya memikirkan apa yang dilakukan oleh kompetitor terkait dengan bauran komunikasi pemasaran yang digunakan, terutama terkait dengan kesamaan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.
Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak sehingga konsumen bersedia membeli produk yang ditawarkan oleh pemasar dibandingkan produk kompetitor. Namun, perlu dipahami bahwa menentukan bauran komunikasi pemasaran terkait kesamaan produk atau jasa dengan kompetitor hendaknya dilakukan dengan tidak melanggar etika komunikasi pemasaran yang ada.

2.4.10.  Ketersediaan Media
Organisasi harus merencanakan promosi mereka berdasarkan ketersediaan media. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang sangat cepat, yang ditandai dengan hadirnya intenet sebagai media komunikasi, berbagai media komunikasi modern telah tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Hal ini memberikan dampak pada semakin banyaknya macam – macam media komunikasi yang dapat digunakan dalam bauran komunikasi pemasaran.
Pemasar atau manajer pemasaran hendaknya memiliki keyakinan terhadap berbagai media yang ada serta dapat memilih media yang tepat dalam bauran komunikasi pemasaran agar dapat menjangkau khlayak sasaran secara lebih efektik dan efisien.

2.4.11.  Ekuitas Merek
Inti dari semua kegiatan komunikasi pemasaran pada akhirnya adalah kemampuan untuk menigkatkan ekiutas merek. Komunikasi pemasaran memainkan peran yang sangat penting dalam menginformasikan merek – merek baru kepada pelanggan, keunggulan dari merek – merek tersebut akan meningkatkan citra merek dari suatu perusahaan.
Ekuitas merek baru dapat meningkat apabila konsumen sudah familiar dengan merek tersebut dan memiliki asosiasi yang disukai dan mungkin merek tersebut terlihat unik dibanak konsumen.

2.5.       Tujuan Komunikasi Pemasaran
Dalam komunikasi pemasaran diperlukan perencanaan, sehingga komunikasi pemasaran dapat berjalana secara efektif. Adapun beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan komunikasi pemasaran, yaitu :
1.             Penentuan tujuan dan respon komunikasi
2.             Penentuan sasaran komunikasi (target audiens)
3.             Rancangan pesan dan media komunikasi
4.             Pengembangan promotion mix
5.             Penyusunan anggaran
6.             Evaluasi dan pengendalian pemasaran
Tujuan komunikasi pemasaran meliputi tiga hal utama yaitu untuk menyebarkan informasi (komunikasi informatif), mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen (komunikasi persuatif) dan mengingatkan khalayak untuk melakukan pembelian ulang (komunikasi mengingatkan kembali).

2.6.       Fungsi Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran memiliki beberapa fungsi, yaitu :
1)             Menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk tertentu dan apakah sebuah program pemasaran yang terdiri rancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan dan promosi yang lebih positif dapat mengubah keyakinan dan sikap.
2)             Mencari cara – cara untuk menhgubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dasar dan minat orang.
3)             Mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangakan barang/jasa.
4)             Mempertahankan tingkat permintaan guna menghadapi berubahnya pilihan konsumen dan meningkatnya persaingan.
5)             Meminta orang yang menyukai sesuatu supaya mau menghentikan permintaan dengan menggunakan alat – alat kenaikan harga dan pengurangan ketersediaan.

2.7.       Sasaran Komunikasi Pemasaran
Komunikasi akan efektif apabila telah diketahui dan dipahami sasarannya dengan baik, sehingga perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan cara penyampaiannya dengan cara penyampaiannya sesuai dengan perilaku pasar sasarannya. Mereka itu dapat meliputi :
1.             Pasar pribadi
2.             Organisasi
3.             Masyarakat umum, yang berperan sebagai :
1)      Pemberi informasi (Initiator)
2)      Pengaruh (Influencer)
3)      Pengambilan keputusan (Decider)
4)      Pelaku pembelian (Decider)
5)      Pemakai Produk (User) pada proses pembelian.



































2.8.       Unsur – unsur Proses Komunikasi Pemasaran
Menurut Pandi Tjipto (2008 : 219) ada tiga unsur pokok model struktur proses komunikasi pemasaran, yaitu :
1.             Pelaku Pemasaran
Terdiri atas pengirim (sender) atau komunkator yang menyampaikan pesan dari penerima (receiver) atau komunikan pesan. Dalam konteks ini dimana komunikatornnya pelanggan sedangkan komunikannya adalah calon pelanggan atau konsumen.
2.             Material Komunikasi
Ada bebrapa material komunikasi pemsaran yang penting yaitu :
1)      Gagasan, materi pokok yang hebdak disampaikan pengirim.
2)      Pesan, himpunan berbagai simbol (oral, verbal atau non verbal ).
3)      Media, pembawa (transporter) pesan komunikasi, pilihan media komunikasi bisa bersifat personal maupun non personal.
4)      Response, reaksi pemahaman atas pesan yang diterima oleh penerima.
5)      Feed – back, pesan balik dari sebagian atau keseluruhan respon yang dikirim kembali oleh penerima.
6)      Gangguan (Noise), segala sesuatu yang dapat menghambat segala kelancaran proses komunikasi.
3.             Proses Komunikasi
Proses penyampaian pesan (dari pengirim kepada penerima) memerlukan dua penerima yaitu :
1)      Encoding, proses merancang atau mengubah gagasan secara simbolik menjadi suatu pesan untuk disampaikan kepada penerima.
2)      Decoding, proses penguraian atau mengartikan simbol sehingga pesan yang diterima dapat dipahami.

2.9.       Media Komunikasi Pemasaran
Pemilihan media promosi atau media komunikasi dapat bersifat personal maupun non personal. Media personal dapat dipilih dari konsultan, tenaga ahli profesi atau masyarakat umum. Media non personal dapat berupa media massa (radio, televisi dan koran), kondisi lingkungan (ruangan atau gedung) ataupun peristiwa tertentu (hari-hari besar atau spesial).
 

























BAB III
PENUTUP

3.1.       Kesimpulan
Komunikasi secara umum merupakan dasar dari interaksi manusia yang memungkinkan seseorang untuk melakukan kontak dengan orang lain karena komunikasi dilakukan oleh seseorang setiap hari baik disadari maupun tidak. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi adalah manusia, pesan dan lingkungan. Dimana faktor didalam manusia yang mempengaruhi komunikasi adalah tingkat pengetahuan, perkembangan, sosialkultural, jenis kelamin, peran tanggung jawab, atensi, hubungan, persepsi dan sikap. Sedangkan faktor didalam pesan meliputi isi pesan dan penyampaian, serta didalam konteks lingkungan hal yang mempengaruhi komunikasi meliputi stimulus eksternal, nilai dan budaya/adat, jarak dan teritori.
Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada konsumen atau pelanggan dengan menggunakan sejumlah media dan berbagai saluran yang dapat dipergunakan dengan harapan terjadinya tiga tahap perubahan yaitu perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan perubahan tindakan yang dikehendaki. Faktor – faktor yang mempengaruhi komunikasi pemasaran yaitu ketersediaan anggaran, siklus hidup produk, jenis produk atau jasa, keputusan pembelian oleh konsumen, karakteristik khalayak sasaran, kesiapan konsumen untuk membeli produk, preferensi media, regulasi, kompetitor, ketersediaan media dan ekuitas merek.
Tujuan dari komunikasi pemasaran meliputi tiga hal utama yaitu untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen dan mengingatkan khalayak untuk melakukan pembelian ulang. Adapun sasaran dari komunikasi pemsaran yaitu pasar pribadi, organisasi dan masyarakat umum.
Unsur – unsur yang terdapat didalam proses komunikasi pemasaran adalah pelaku pasar, material komunikasi, dan proses komunikasi. Kemudian yang menjadi media komunikasi pemsaran yaitu pemilihan media promosi atau media komunikasi yang bersifat personal maupun nonpersonal.

3.2.       Saran
Dikarenakan komunikasi pemasaran merupakan hal yang penting untuk di lakukan perusahaan, maka sebaiknya perusahaan lebih memperthatikan hal tersebut terutama pada faktor -  faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi pemasaran agar konsumen akan merasa loyal terhadap suatu perusahaan dan terus – menerut untuk mengkonsumsi produk / jasa dari suatu perusahaan tersebut.



















DAFTAR PUSTAKA

Azziah Annisa. (2013). Makalah Faktor – faktor yang Mempengaruhi Komunikasi dan Habatan Komunikasi. Diambil dari https://anisaazizahshbnurse.wordpress.com/2013/10/30/makalah-faktor-yang-mempengaruhi-komunikasi-dan-hambatan-komunikasi/. (12 April 2019 : 19.23 WIB).

Romdiah Siti. (2016). Makalah Seminar Bauran Pemasaran. Diambil dari http://sitiromdiahh.blogspot.com/2016/04/makalah-seminar-pemasaran-bauran.html?m=1. (12 April : 19.41).

Ningrum Siti. (2016). Komunikasi Pemasaran. Diambil dari https://www.academia.edu/27948117/KOMUNIKASI _PEMASARAN. (12 April 2019 : 20.22).

Pakar Komunikasi. (2019). 10 Faktor Dalam Menentukan Bauran Komunikasi Pemasaran. Diambil dari https://pakarkomunikasi.com/faktor-dalam-menentukan-bauran-komunikasi-pemasaran. (13 April 2019 09.44)

Salamah Umi. Diambil dari https://www.academia.edu/12540816/Komunikasi_Pemasaran. (13 April 2019 : 10.12)

Wikipedia. Diambil dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Komunikasi. (13 April 2019 : 13.41)

Saddoen Arifin. 13 Pengertian Komuniksi Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Diambil dari https://moondoggiesmusic/pengertian-komunikasi/amp/. (13 April 2019 : 14.53).

1 komentar:

  1. The best online casino sites in India
    There are also many top online casino sites in India, like JSlot, Rival and BetSoft. The ones that offer them are: BollywoodLucknow and 888.com. And 카지노사이트luckclub withdrawal times.

    BalasHapus

Makalah Keputusan Investasi Modal

MAKALAH KEPUTUSAN INVESTASI MODAL Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Akuntansi Manajemen Dosen Pengampuh : Selvanus, ...